Tempat Keramat Yang Dipercayai Oleh Orang Papua

Tempat Keramat Yang Dipercayai Oleh Orang Papua

Misteri8.blogspot.com - Daerah papua juga banyak sekali cerita misteri yang perlu kita telusuri, salah satu adalah makhluk gaib penjaga pohon. Siapa berani merusak dan menebang pohon, akan terkena ganjarannya. Maka kita harus hati-hati jika beraktifitas.

Sebutan Tuan tanah adalah bagi orang-orang Papua untuk menamai makhluk gaib atau hantu yang menjaga pohon. Pohon yang biasanya ditempati tuan tanah adalah pohon beringin. Setiap orang harus menghormati pada setiap pohon yang ada.

"Tidak boleh kencing sembarangan di pohon, tidak boleh sembarangan menebang pohon, kalau sembarangan nanti bisa kena musibah dari tuan tanah," ucap dari salah satu wanita yang bersuku Kamoro.

Jika ada salah seorang yang tidak bekelakuan baik pada suatu pohon, kemungkinan besar tuan tanah akan marah dan akan memberikan musibah pada orang tersebut. Bahkan bisa membuat orang itu meninggal dunia. Orang yang terkena musibah biasanya sering sakit-sakitan, bahkan bisa saja kerasukan oleh tuan tanah itu sendiri.

Salah satu cara mencegah supaya tidak terkena musibah, yang harus dilakukan adalah memberi makan (Sesajen) pada tuan tanah. Juga tidak meperlakukan pohon dengan seenaknya, seperti kencing sembarangan pada pohon dan tidak mengucap kata-kata kotor pada pohon tersebut.

Jika tuan tanah tidak segera diberi makan (Sesajen) ketika seseorang itu terkena musibah, kemungkinan orang tersebut bisa sakit-sakitan terus-menerus yang berujung dengan meninggal dunia.

Makanan yang biasa diberikan pada tuan tanah adalah uang logam, pinang, rokok, tembakau atau lempeng sebutan bagi orang Papua. Makanan itu diletakan di bawah pohon, dan uang logam tersebut harus dimasukan di dalam tanah.

Sudah ada beberapa orang yang sakit-sakitan, bahkan sampai meninggal setelah menebang pohon sembarangan tanpa memberi makan tuan tanah. Wujud dari tuan tanah memang tidak dapat terlihat.

Warga suku pedalaman menganggap bahwa tuan tanah merupakan roh leluhur mereka yang sudah lama meninggal sebelumnya dan bersemayam pada pohon-pohon yang ada. Bagaimana anggapan anda sahabat Misteri8?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Keramat Yang Dipercayai Oleh Orang Papua